Apa Itu Blog?

Minggu, 15 Agustus 2010

Pada awalnya, kata blog dipakai sebagai kependekan dari Weblog, yaitu istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di-update secara kontinyu dan berisi link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Roger Yin, seorang kolumnis San Fransisco Gate, pada Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di internet. Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada mei 1999 menyimpulkan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link, tapi kurang introspektif daripada sebuah diary yang disimpan di internet.

Jadi blog didefinisikan sebagai 'susunan teks, gambar, objek, media, dan data yang disusun secara berurutan yang bisa ditampilkan pada browser HTML'. (www.harvard.edu). Sementara itu, menurut www.marketingterms.com, sebuah weblog adalah 'publikasi personal dari buah pikiran seseorang yang diterbitkan secara rutin'.

www.computersprintersrepairshouston.com dan www.matise.net menyatakan bahwa weblog pada dasarnya adalah 'sebuah jurnal yang tersedia di web'. Aktivitas memperbarui blog disebut "blogging" dan seseorang yang memiliki blog disebut "blogger".


Menjadi penulis blog, mengelola blog, atau menambahkan artikel pada blog yang sudah ada disebut "blogging". Artikel pribadi di dalam blog disebut "blog post", "post", atau "entries". Seseorang yang memasukan tulisan ini disebut "blogger". Sebuah blog adalah perpaduan teks, hyperteks, gambar, dan link, (link ke web lain atau video, audio, dan file lainnya). Blog menggunakan dokumentasi bergaya konversasional. Sering kali blog terfokus pada topik tertentu, seperti apa yang terjadi dengan politik dunia. Beberapa blog membicarakan pengalaman pribadi. Demikian definisi blog menurut www.wikipedia.org


Dapat disimpulkan bahwa blog adalah sebuah sarana tulis-menulis tempat semua orang bebas mengekspresikan apa yang ingin disampaikan dan tulisan tersebut dapat dilihat oleh semua pengguna internet.



0 komentar:

Posting Komentar